Resume Kuliah 1 Juni 2012 Oleh Bu Santi Paulla Dewi

Pada tanggal 1 Juni 2012 Bu Santi Paulla Dewi memberikan kualiah mengenai konsep analisis kelayakan proyek. Berikut ini adalah ringkasan yang dapat diambil dari kuliah tersebut :

Analisis kelayakan terdiri dari 2 jenis yaitu kelayakan ekonomi dan kelayakan financial. Analisis kelayakan ekonomi merupakan dimana beruhubungan dengan dampak-dampak yang secara tidak langsung ditimbulkan oleh proyek yang dijalankan. Sementara analisis kelayakan financial merupakan dampak yang secara langsung ditimbulkan oleh proyek ketika membangun sesuatu.

Dalam analisis kelayakan baik ekonomi maupun sosial terdapat beberapa indicator kelayakan dengan menggunakan NPV dan BCR. NPV merupakan hasil dari pengurangan benefit terhadap cost sedangkan BCR adalah pembagian antara benefit terhadap cost. Apabila NPV positif dan BCR lebih dari 1 maka proyek tersebut dikatakan layak. Selain dari NPV dan BCR juga terdapat tabel payback period dimana dapat diketahui pada tahun ke berapa pelaksanan proyek mendapatkan keuntungan.

Leave a comment